…kula pamit rumiyin kula bade minggah dateng gunung ningali fajar..assalamu alaikum (saya mohon ijin dulu mau naik ke gunung lihat fajar)
kanan kiri masih sepi, maklumlah masih jam 4 pagi kurang 15 menit. hawa dingin dataran tinggi imogiri begitu terasa menusuk dada. seperti biasa walaupun masih pagi bus goa cerme – yogya pp sudah nongol di tempat parkiran terminal. sambil lari kecil dan terengah – engah tak terasa sudah sampai di tangga undakan yang terbuat dari plesteran semen yang menghubungkan dusun srunggo selopamioro imogiri dengan goa cerme.
yah …maklumlah sudah lama tidak kesini paling hanya sebulan sekali.
sambil terus berjalan menyusuri udakan akhirnya sampai di parkiran sepeda motor goa cerme. sepi sunyi tengok kanan kiri sambil cari lokasi yang tepat untuk melihat ufuk timur. akhirnya ketemu juga lokasi yang lumayan strategis tapi harus memanjat pohon dulu.
dengan segenap tenaga ilmu dan kemampuan ….memanjat 🙂 sampailah di atas pohon kering yang siap tumbang.
waktu menunjukkan jam 04:22 pagi terdengar adzan adzan saling berkumandang, tapi terlihat di ufuk timur seberkas cahaya yang mirip ekor musang memanjang keatas miring kearah gunung merapi, tapi tak lama cahaya itupun hilang berganti gelap.
tak berselang lama kurang lebih jam 04:40 (gak lama ? ).
iqamah terakhir terdengar dan tidak ada suara iqamah yang berkumandang setelah itu. namun suasana di ufuk timur masih saja sama , terkadang muncul cahaya tapi setelah itu gelap dan masih sesekali ada meteor yang berkilat kemudian menghilang.
…..sampai akhirnya kurang lebih jam 04.50 terlihat seberkas cahaya putih dari arah timur yang merrrrambat pelan dari arah selatan ke arah utara barangkali mirim kayak loading komputer yang lagi install, 10%—-15%—-dst—-100%.
sambil masih terlamun tentang shalat subuh yang sudah – sudah.
ya Allah……
berarti shalat subuh yang hamba lakukan (rata2 jam setengah 5) yang keterima ????
padahal salah satu syarat shalat diterima adalah masuknya waktu..
dan kita tahu waktu subuh adalah ketika munculnya fajar shadiq yang merupakan cahaya putih atau merah yang memanjang di ufuk timur. berarti shalat sebelum waktunya?!!
Ya Allah semoga engkau mengampuni dosa hamba yang kurang perhatian terhadap masalah ini dan semoga Engkau menerima shalat kami yang lalu atas ketidak tahuan kami.

untuk lebih detail pembahasan tentang ini beserta foto2 fajar kadzib dan shadiq lihat https://ibnumaulana.wordpress.com/2009/01/19/waktu-shalat-subuh-fajar-kadzib-dan-fajar-shadiq/
majalah qiblati edisi bulan Agustus 2009 dan 2 edisi sebelumnya (bukan promosi lho :> )

http://id.qiblati.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s