Karena latar belakang saya ada di penelitian, kata ‘penelitian’ begitu dekat rasanya dengan pikiran saya. Pada kebanyakan orang mungkin kata penelitian itu adalah kata yang sedikit angker yang mengharuskan kita untuk menguras isi otak kita menjadi suatu penemuan yang besar. Menurut saya, hal ini yang sering menyalah kaprahkan arti penelitian, sehingga banyak orang yang sedikit menjauh dari kegiatan yang mempunyai unsur tersebut.

Saya ingin menuangkan pemikiran saya sedikit mengenai penelitian dan ada tidaknya hubungan antara penelitian dengan kehidupan kita sehari-hari. Dalam keilmuan metode penelitian sebagai contoh ada beberapa kegiatan yang perlu dilaksanakan dan secara umum bisa dibagi menjadi 4:

  • Merumuskan permasalahan
  • Mempersiapkan perangkat pemecahan masalah
  • Mencari alternatif pemecahan
  • Menerapkan pemecahan

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kalau kita cermati keempat kegiatan tersebut selalu menyertai setiap langkah kita. Bilanglah kita akan bepergian ke suatu tempat. Permasalahan yang mungkin muncul adalah misalnya ‘jalur mana yang akan kita tempuh’. Di sana kita akan mempersiapkan beberapa perangkat misalnya ‘peta’. Dari perangkat tersebut kita akan mencari beberapa alternatif solusi, yang pada akhirnya kita harus memutuskan jalur mana yang akan kita lalui. Kemudian setelah keputusan diambil, kita menerapkannya dengan mengendarai mobil melewati jalur yang dipilih ke tempat tujuan.

Kemampuan-kemampuan untuk melakukan ‘penelitian kecil’ seperti ini sebenarnya sudah melekat pada setiap orang. Cuman memang sering terlibatnya ‘matematika’ dan ’statistik’ dalam suatu kegiatan penelitian yang bersifat ‘ilmiah’ membuat banyak peminat menjadi undur diri. Memang terus terang, walaupun saya merupakan seorang yang sudah cukup banyak mendalami statistik dari segi keilmuan komputer (data mining), sering keengganan kita untuk melibatkan statistik dan matematika membuat kita mundur satu langkah sebelum memulainya.(sumber asli lihat disini)

Cara yang harus dijalani untuk mengatasinya sudah tentu dengan mempelajari matematika atau statistik tersebut sesuai dengan keperluan kita. Tetapi, tentu ini adalah kegiatan yang sangat-sangat tidak diminati, kalau memang ‘matematika’ atau ’statistik’ itu adalah hal yang tidak kita sukai. Mungkin di sini saya bisa sedikit berbagi pengetahuan tentang alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasinya:

  • Bagi yang suka menggunakan komputer, paket program Microsoft Excel sudah menyediakan banyak fasilitas untuk melakukan penghitungan matematika dan statistik.
  • Bagi yang suka komputer lagi, ikut mailing list terkait juga merupakan cara yang bagus dan ‘gratis’ untuk berkonsultasi.
  • Bagi yang tidak menggunakan komputer, beberapa tempat yang mungkin bisa dikunjungi untuk berkonsultasi tentang statistik antara lain: Badan Pusat Statistik (Statistics Indonesia) yang mempunyai banyak statistician atau perguruan tinggi yang mempunyai jurusan matematika atau statistik. Orangnya baek-baek kok.
  • Yang paling gampang mungkin, cari teman yang bisa matematika atau statistik, itu akan sangat membantu.

Masih terlalu berat? Sudah tidak ada jalan lagi kali ya.

Balik ke istilah ‘penelitian’, kegiatan seperti ini akan sangat membantu apabila kita memang sedang menghadapi permasalahan. Pada kesempatan ini saya ingin mengajak, mari kita biasakan hidup sehari-hari kita untuk mengikuti metode penelitian yang telah diberikan dalam tulisan ‘Penelitian Part 1′. Dengan menerapkannya dalam setiap langkah kita, hidup kita akan menjadi lebih beralasan dan Indonesia senantiasa akan menjadi negara yang berhasil dan pintar.(tulisan aslinya lihat disini)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s